Rabu, 18 September 2013

resume Dasar pemrograman JAVA "STATIK 2013"



DASAR PEMROGRAMAN JAVA
     Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit bahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.

yang bisa dibuat oleh java :
1.      Aplikasi desktop
2.     Mobile Apps/Games
 Pengertian Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995.
 Contoh Kode Program Sederhana Dalam Java

Mengapa harus Java ?

Karena java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak. Perangkat lunak yang banyak menggunakan java adalah ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.

Bahasa lain yang tidak kalah populernya adalah C, yang bisa dikatakan sebagai salah satu bahasa pemrograman induk dari berbagai bahasa pemrograman lain. Sebagai bahasa pemrograman induk, sebagian besar bahasa pemrograman lain memiliki syntax yang serupa dengan bahasa ini. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan, belajar bahasa pemrograman C merupakan kunci untuk mempelajari bahasa lain.
Perkembangan pemanfaatan iDevice yang dikeluarkan Apple dengan berbagai devicenya seperti iPod, iPhone, iPad, Mac, dan berbagai produk lainnya menjadi salah satu faktor pendorong kepopuleran Objective-C. Model distribusi apps- sebutan program untuk mobile device yang dipopulerkan Apple – melalui AppStore nampaknya menggiurkan banyak orang untuk meraih keuntungan dari penjualan Apps.
Bahasa pemrograman lain yang terlihat tidak terlalu mendominasi pada daftar peringkat bahasa pemrograman populer namun ternyata banyak dibutuhkan di dunia kerja adalah Bahasa PHP. Bahasa ini nampaknya merupakan bahasa wajib yang juga harus dipelajari, seiring dengan perkembangan dunia maya. Hampir seluruh web hosting di dunia support PHP dan MySQL, paduan serasi yang memungkinkan sebuah situs web untuk tampil dinamis.


 Contoh program Halo dunia yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman
 Java adalah sebagai berikut:

Code:

 class PejuangDunia
 {
public static void main(String[] argumen)
 {
 System.out.println("Pejuang Dunia");
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar